Cara Mudah Memperbaiki File yang Yang Rusak di Windows 8/ Windows 7/ Windows Vista

File yang rusak seringkali berpotensi memperlambat kinerja komputer. Saya mengalaminya beberapa kali. Biasanya karena virus. Saya dulu pernah mengalaminya. Komputer menjadi sering sekali not responding. Ternyata penyebabnya virus shortcut. Virus shortcut ini susah sekali dibersihkan. Namun ternyata ada cara ampuh untuk menghapus virus shortcut meski langkah2nya agak ribet.

Virus shortcut memang berhasi saya hapus. Namun masalah tidak berhenti sampe disitu. Banyak file yang rusak dan hilang akibat virus. Saya menggunakan SMADAV dan CC Cleaner juga, tapi kurang begitu ampuh untuk merecovery file-file yang hilang/rusak, terutama DLL files.

Saya sudah berpikir untuk menginstal ulang karena makin lama komputer saya makin lambat. Bahkan beberapa kali saya melakukan restore point, tapi tidak berhasil juga.

Saya sendiri lupa dimana saya mendapatkan informasi cara mudah memperbaiki file yang rusak atau hilang. Namun cara ini sangat efektif. Kenapa efektif? Karena cara ini  mudah, sederhana, dan bisa dilakukan oleh orang awam seperti saya.

Oh ya, cara ini adalah untuk memperbaiki file yang rusak di system OS, bukan untuk file yang berwujud dokumen dan kawan-kawannya. Istilahnya untuk memperbaiki system OS agar kembali seperti sedia kala

Berikut ini cara mudah memperbaiki file yang rusak, baik di windows 8, windows 7, windows vista, bahkan windows XP.

1. Masuk ke command prompt. Caranya tekan windows + R (run). Kemudian ketik "cmd" (tanpa petik), dan enter.
2. Setelah masuk ke menu command prompt, ketik sfc[spasi]/scannow
3. Biarkan system bekerja dulu sampai 100%
4. Selesai

File system yang rusak akan diperbaiki secara otomatis.

Tips: Setelah sampai langkah 4, restart komputer. ulangi lagi dari langkah 1 sampai selesai sebanyak 3 kali.
Share on :