Bahaya Racun Tanaman Hias Dumb Cane atau Dieffenbachia

Setelah sebelumya melulu bicara tentang cuti, kali ini penulis mencoba bicara mengenai hoax. Apa itu hoax? secara singkat hoax diartikan sebagai berita bohong, Sebuah berita hoax biasanya disebarkan secara berantai baik melalui BBM maupun jejaring sosial semacam facebook. Kali ini adalah berita mengenai Bahaya Tanaman Hias Dumb Cane atau Dieffenbachia

Seperti apa tanaman hias Dumb Cane? Berikut ini adalah gambarnya. Cukup familiar bukan?

Berdasarkan broadcast maupun status facebook, Tanaman Hias Dumb Cane atau Dieffenbachia konon beracun dan berbahaya. Berikut saya kutipkan salah satu status di facebook.

Info penting!
 Tanaman Hias Berbahaya (Bagi pengetahuan ini, jika anda punya kepedulian) Tanaman ini sangat umum berada di rumah kita, kebun rumah, taman dan kantor (populer sebagai tanaman indoor & outdoor). Tanaman ini (Dumb Cane = Tongkat Konyol atau Dieffenbachia) kini terbukti berbahaya, jadi harap berhati-hati!.
Saya tahu bahwa daun tanaman ini menyebabkan gatal jika yang getah (spt susu) menyentuh kulit Anda. Namun ada fakta yang lebih berbahaya ttng tanaman ini!, silahkan membaca rincian di bawah ini. Mungkin berguna untuk Anda. Anda lebih baik percaya. Silakan baca di bawah ini.
Salah satu teman saya “hampir kehilangan putrinya” yang menaruh sepotong daun tanaman ini dalam mulutnya dan lidahnya membengkak sampai ke titik mati lemas. Ini adalah salah satu tanaman tetapi ada juga tanaman lain dengan karakteristik yang sama dari pewarnaannya. Mereka juga beracun dan kita harus menyingkirkan mereka. Harap hati-hati untuk anak-anak kita. Seperti yang kita semua meninggalkan anak-anak kita di rumah di tangan pengasuh, kita harus memberi mereka lingkungan yang aman di mana mereka bisa bermain. Nama: Dumb Cane atau Dieffenbachia "Ini tanaman yang kita miliki di rumah kami dan kantor sangat berbahaya
Tanaman ini biasa tumbuh di Rwanda!,iIni adalah racun mematikan, yang paling khusus untuk anak-anak. Hal ini dapat membunuh seorang anak dalam waktu kurang dari satu menit dan dewasa dalam 15 menit . Ini harus dicabut dari kebun dan dibawa keluar dari kantor. Jika tersentuh, jangan pernah seseorang sampai tersentuh matanya, karena dapat menyebabkan kebutaan parsial atau permanen
Percayakah anda? Mari kita cermati bersama-sama. Karena setiap berita, sekalipun itu hoax alias bohong, biasanya tetap disertai data kecil yang benar.

Pertama, masukkan nama tumbuhan tersebut ke wikipedia. atau langsung kesini ajah. http://en.wikipedia.org/wiki/Dieffenbachia

Ga mudeng karena bahasa inggris? Belajar dunk. Kelamaan? Ya udah, pake google translate aja.

Menurut wikipedia, tanaman  Dumb Cane atau Dieffenbachia memang beracun. (Bener kan, ada data n fakta yang memang benar). Namun, efek racun dari tanaman tersebut tidaklah seseram cerita di atas.

Berarti hoax dunk? Yup. Sebenarnya sudah selesai sampai disini. Tapi biasanya saya cari versi asli hoax tersebut, dan biasanya bahasa inggris. Lanjut ke langkah kedua

Kedua, klo biasa pake google dan ngerti bahasa inggris little-little, pasti mudah mencarinya. Ketika ada di google: dumb cane, poison, hoax.

Salah satu web yang membahasnya adalah Hoax Slayer
Ini versi inggris dari pesan Bahaya Tanaman Hias Dumb Cane

Dear all, Please read below. The message is true. I almost lost my daughter who put a piece of the leaf of this plant in her mouth and her tongue swelled to the point of suffocation. This is one plant but there are others with the same characteristics of coloring. Those are also poisonous and we should get rid of them. Please watch out for our children. As we all leave our children home in the hands of the helpers, we should give them a safe environment where they can play. "This plant that we have in our homes and offices is extremely dangerous! This plant is common in Kenya , Rwanda, Uganda in plant nurseries, many offices and homes. It is a deadly poison, mainly for the children. It can kill a kid in less than a minute and an adult in 15 minutes. It should be uprooted from gardens and taken out of offices. If touched, one should never touch ones eyes; it can cause partial or permanent blindness. Please alert your buddies.

Kesimpulan: Tanaman Hias Dumb Cane memang beracun,  tapi efek racun tersebut tidaklah separah dan semenakutkan pesan di atas. Apakah Dumb Cane dapat menyebabkan kematian?

Ya, tentu saja. Berikut percakapan tentang dumb cane
Q: How much of it would i have to eat so it can kill me.
A: Eat the whole plant including the roots, including the pot. Well.. You must be very hungry to chew on these leaves