Profil dan Biodata Lengkap Muchlis Hadi Ning Syaifulloh


Namanya cukup panjang. Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. Kostumnya nomor 10. Tertulis di kostum: Muchlis. Penyerang Utama Timnas U-19 ini bermain cukup cemerlang di piala AFF maupun di pra-piala Asia. Bersama dengan Evan Dimas Darmono, Muchlis Hadi merupakan pemain yang bisa dibilang paling dijaga pergerakannya oleh pemain belakang lawan. Siapakah sebenarnya sosok Muchlis Hadi ini? Berikut ini adalah profil dan biodata Muchlis Hadi.

Biodata dan Profil Muchlis Hadi
Awal Karir Sepakbola Muchlis Hadi

Muchlis Hadi mengawali karir di Sekolah Sepak Bola sejak kelas 2 Sekolah Menengah Pertama. Jauh sebelum itu, ia sering bermain sepak bola antar kampung ketika duduk di bangku sekolah dasar. Ia pun dipercaya memperkuat tim Persekap Pasuruan. Saat itu pula, ia ditemukan Indra Sjafri yang memang mencari bibit-bibit unggul dengan berkeliling ke daerah. "Setelah itu ikut seleksi dan lolos ikut U-19 sampai sekarang," kata anak pertama dari dua bersaudara.

Biodata Lengkap Muchlis Hadi 
Nama Lengkap: Muchlis Hadi Ning Syaifulloh
Tempat Tanggal Lahir: Mojokerto, 26 Oktober 1996
Posisi: Striker/ Penyerang
No. Punggung: 10
Asal Nama Ning Syaifulloh

Ning Syaifullah merupakan salah satu penyerang trengginas yang dimiliki tim Petrokimia Gresik di era Galatama, dan awal Liga Indonesia dibentuk. Ia menjadi salah satu bagian dari trio maut Petrokimia kala itu, bersama dengan Widodo Cahyono Putro dan Jacksen F Tiago.

Orang tua Muchlis Hadi, Samsul, menambah nama anaknya menjadi Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. “Makanya, nama panjang Muchlis saya tambahkan Ning Syaifullah. Sebab Ning Syaifullah itu, mantan pemain terkenal Petrokimia Gresik yang hebat,” Ujarnya
Muchlis Hadi, Fernando Torres atau Raul Gonzales?

Samsul sendiri bukan asal-asalan dalam melatih Muchlis kecil, karena ia sebelumnya adalah mantan stopper tim Assyabab Surabaya, satu angkatan dengan Mustaqim dan Putut Wijanarko. Berbekal ilmu sebagai pemain bola inilah, Samsul lantas menempa Muchlis cara menggocek, menendang, menyundul, serta mengontrol bola.

Mirip Torres atau Raul?

Menurut saya, kemampuan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh memang mirip dengan idolanya, yaitu Fernando Torres dan sedikit mengingatkan saya pada Raul Gonzales. Dribelnya memang tak istimewa, tapi kemampuannya menyelesaikan peluang di depan gawang, menunjukkan bahwa Muchlis Hadi punya naluri dan insting membunuh a la Torres pada masa jayanya ataupun Raul Gonzales, sang Pangeran Barnabeu.