Lowongan CPNS Badan Pertanahan Nasional September 2013

Lagi rame-ramenya informasi lowongan kerja alias penerimaan CPNS neeh. Sebelumnya telah ada penerimaan CPNS Kementerian Keuangan, kemudian berlanjut penerimaan CPNS BNN (Badan Narkotika Nasional), lalu ada juga penerimaan CPNS di Pemda DKI.

Satu lagi informasi penerimaan CPNS, kali ini Badan Pertanahan Nasional. Berikut informasi lengkapnya.

PENGUMUMAN
NOMOR 11/Peng-100/IX/2013
TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN II DAN III
BADAN PERTANAHAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA
TAHUN ANGGARAN 2013
Dalam rangka mengisi formasi jabatan yang lowong, Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia memberi kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil melalui seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II dan III Tahun Anggaran 2013 dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan sebagai berikut:
1. Surveyor Pemetaan: 300
Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral
2. Analis Permohonan Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah: 70
Sarjana Hukum
3. Verifikator Berkas Permohonan Hak: 33
Diploma III (Administrasi Pertanahan / Survey dan Pemetaan)
4. Perencana Kegiatan dan Anggaran (untuk Formasi Umum): 68
Sarjana Ekonomi (Akuntansi / Manajemen)
5. Perencana Kegiatan dan Anggaran (untuk Formasi Khusus Putra Putri Papua yang akan ditugaskan di BPN R.I. Jakarta): 2
Sarjana Ekonomi (Akuntansi / Manajemen)
6. Bendahara
Diploma III (Akuntansi / Komputer Akuntansi): 70
7. Analis Penatagunaan Tanah dan Kawasan Tertentu: 50
- Sarjana Geografi (Non Pendidikan)
- Sarjana Geodesi
- Sarjana Pertanian
8. Analis Kerjasama Luar Negeri: 1
Sarjana Hubungan Internasional
9. Pengadministrasi Umum (Formasi Khusus Penyandang Cacat Fisik): 1
SLTA
A. PERSYARATAN PENDAFTARAN
I. Persyaratan Umum :
a. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.
b. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
c. Bersedia ditempatkan pada Unit Kerja sesuai dengan pilihan pada pendaftaran online, dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000,-.
d. Berkeadaan sehat, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dibuat oleh Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
e. Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mengkonsumsi/Menggunakan Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif Lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah.
f. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/POLRI maupun pegawai swasta, dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000,-.
g. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dan tidak sedang terikat perjanjian atau kontrak kerja dengan instansi lain, dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000,-.
(Persyaratan huruf b s.d. g dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Pertanahan Nasional R.I).
II. Persyaratan Khusus:
a. Usia:
1. Minimal pada tanggal 1 Desember 2013 telah berusia 18 tahun untuk semua jenjang pendidikan
2. Maksimal pada tanggal 1 Desember 2013:
- Sarjana : 28 tahun
- Diploma III : 25 tahun
- Diploma I : 34 tahun
- SLTA : 23 tahun
b. Rata Rata Nilai STTB dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
1. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan SLTA (khusus penyandang cacat fisik), rata-rata nilai STTB ? 7,00
2. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma III:
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A, IPK ? 2,75
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi B, IPK ? 3,00
3. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan Sarjana:
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A, IPK ? 2,75
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi B, IPK ? 3,00
c. Diutamakan menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) yang dibuktikan dengan sertifikat/hasil tes bahasa Inggris dari lembaga resmi.
d. Khusus untuk jabatan Perencana Kegiatan dan Anggaran (Formasi Khusus Putra Putri Papua) hanya dapat dilamar oleh Putra Putri Papua (salah satu orang tua harus penduduk asli Papua / Putra Daerah Papua).
B. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran secara online dibuka mulai hari Senin tanggal 09 September 2013 sampai dengan hari Rabu tanggal 25 September 2013.
2. Pendaftaran dilakukan melalui website Badan Pertanahan Nasional R.I. dengan alamat http://www.bpn.go.id.
3. Pelamar wajib memilih Nama Jabatan dan Lokasi Unit Kerja Penempatan, serta Lokasi Ujian Tertulis yang tersedia pada saat melakukan pendaftaran.
4. Bagi Pelamar yang telah melakukan pendaftaran dan oleh sistem dinyatakan memenuhi syarat, akan mendapatkan nomor registrasi yang harus dicetak, dan untuk selanjutnya dikirimkan bersama berkas persyaratan lain yang ditentukan.
5. Berkas yang harus dilengkapi meliputi :
a. Surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000,- yang ditujukan kepada:
Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil
Biro Organisasi dan Kepegawaian Badan Pertanahan Nasional R.I.
Jl. Sisingamangaraja No. 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12014
b. Hasil cetak Nomor Registrasi yang diperoleh pada saat pendaftaran secara online dan ditandatangani.
c. Pas foto terbaru ukuran 3×4 cm (hitam putih) sebanyak 1 lembar (cantumkan nama di belakang foto).
d. Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
e. Foto kopi ijazah berikut transkrip nilai yang dilegalisir oleh :
- Universitas/Institut : Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik
- Sekolah Tinggi : Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik
- Sekolah : Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
f. Foto kopi Penetapan Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (apabila peringkat Akreditasi tidak tercantum pada ijazah/transkrip).
g. Foto kopi hasil tes kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku (khusus bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan Sarjana).
h. Foto kopi surat keterangan cacat fisik dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah yang menyebutkan jenis kecacatan fisik (khusus bagi pelamar penyandang cacat fisik).
(urutan ini berlaku untuk penyusunan berkas pada map lamaran)
6. Surat lamaran beserta berkas lampirannya disusun rapi sesuai urutan dalam map dan dimasukkan dalam amplop coklat dengan dituliskan kata ”LAMARAN” pada pojok kanan atas, dengan warna map sebagai berikut:
a. Warna Merah Tua untuk Jabatan Surveyor Pemetaan;
b. Warna Merah Muda untuk Jabatan Analis Permohonan Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah;
b. Warna Kuning untuk Jabatan Verifikator Berkas Permohonan Hak;
c. Warna Hijau Tua untuk Jabatan Perencana Kegiatan dan Anggaran;
d. Warna Hijau Muda untuk Jabatan Bendahara;
e. Warna Biru Tua untuk Jabatan Analis Penatagunaan Tanah dan Kawasan Tertentu;
f. Warna Biru Muda untuk Jabatan Analis Kerjasama Luar Negeri;
g. Warna Coklat untuk Jabatan Pengadministrasi Umum.
7. Kelengkapan berkas sebagaimana tersebut pada angka 5 di atas dikirim melalui Pos atau Jasa Pengiriman mulai tanggal 09 September 2013 dan paling lambat diterima Tim Pengadaan CPNS tanggal 25 September 2013 pukul 16.00 WIB.
8. Alamat tempat tinggal tetap (alamat surat) agar ditulis jelas dan lengkap dengan huruf kapital pada bagian belakang amplop.
9. Tim Pengadaan CPNS tidak menerima serta tidak akan memproses lamaran yang diantar langsung ke Kantor Pusat Badan Pertanahan Nasional R.I.
10. Berkas lamaran yang tidak lengkap atau tidak disertai nomor registrasi dinyatakan tidak memenuhi syarat.
11. Bagi pelamar yang pada saat pemberkasan diketahui telah memberikan/ mengisi data yang tidak benar pada saat mendaftar, Tim Pengadaan CPNS membatalkan keikutsertaannya dalam seleksi penerimaan CPNS Badan Pertanahan Nasional R.I.
12. Berkas lamaran yang diterima Tim Pengadaan CPNS menjadi milik Tim Pengadaan CPNS dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
C. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
1. Pelamar yang memenuhi syarat administrasi akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis.
2. Nama calon peserta ujian yang memenuhi syarat administrasi dan lokasi ujian akan diumumkan kemudian melalui website Badan Pertanahan Nasional R.I. dan Papan Pengumuman pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi serta Badan Pertanahan Nasional R.I., Jl. Sisingamangaraja No. 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
3. Pengumuman melalui website dan Papan Pengumuman dianggap sebagai surat panggilan ujian.
4. Pelamar yang memenuhi syarat administrasi diwajibkan mengunduh Tanda Peserta Ujian Tertulis melalui website Badan Pertanahan Nasional R.I.
D. PELAKSANAAN UJIAN/SELEKSI
1. Waktu Ujian/Seleksi : Tes Kompetensi Dasar (TKD) dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada hari Minggu tanggal 03 November 2013.
(Waktu dan tempat pelaksanaan TKD untuk formasi khusus Putra Putri Papua akan ditentukan kemudian)
2. Tempat Ujian/Seleksi : Terlampir
3. Materi Ujian TKD : - Tes Wawasan Kebangsaan
- Tes Intelegensia Umum
- Tes Karakteristik Pribadi

Share on :