5 Pertanyaan Interview Kerja yang Wajib Kamu Ketahui

Banyak pertanyaan saat wawancara kerja yang sulit dijawab oleh para pelamar. Padahal, sebagian pertanyaan dapat dengan mudah diketahui dan dipersiapkan sebelum Anda menghadapi wawancara tersebut. Inilah 5 pertanyaan umum wawancara kerja beserta tips menjawabnya.


1. Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami?

Pertanyaan seperti ini diajukan untuk mengetahui apakah Anda mempunyai ketertarikan dengan perusahaan yang mereka pimpin. Untuk menunjukkan ketertarikan tersebut, Anda harus mencari tahu dengan mengunjungi situs internet perusahaan itu dan membaca latar belakang, sejarah, visi, dan misi mereka.

2. Mengapa kami harus memilih Anda?

Sebuah perusahaan menerima banyak pelamar kerja. Karena itulah, Anda harus terlihat berbeda dan lebih baik dibanding pelamar lainnya. Katakan pada pewawancara prestasi dan dan keunggulan-keunggulan unik Anda.

3. Apa kekurangan Anda?

Anda harus berhati-hati menjawab pertanyaan sejenis ini karena kesalahan mengungkapkan kekurangan akan merusak citra Anda. Jawaban yang diberikan harus fokus pada solusi daripada kekurangan itu sendiri. Misalnya, Anda mengakui terkadang lalai memperhatikan hal kecil. Namun, Anda juga mengakui tidak malas memeriksa hasil kerja berkali-kali untuk kemudian dikoreksi.

4. Apa yang ingin Anda capai di masa depan?

Pemimpin perusahaan ingin mengetahui ambisi Anda. Jawablah pertanyaan ini sesuai dengan lingkup pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya, bila Anda melamar untuk posisi redaksi, katakan impian Anda adalah menjadi redaktur atau pemimpin redaksi, tergantung pada waktu yang disebutkan dalam pertanyaan ini. Jangan menyebutkan ambisi pribadi (misalnya berkeluarga, memiliki rumah, dll) bila tidak diminta.

5. Mengapa Anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya?

Pertanyaan sejenis ini diajukan untuk mengetahui tujuan Anda bekerja dan bagaimana Anda mempertahankan pekerjaan pada sebuah perusahaan. Jangan berbicara tentang hal buruk di tempat kerja sebelumnya. Sebaliknya, katakan bahwa Anda membutuhkan hal-hal positif di pekerjaan yang baru, seperti kesempatan dan tantangan yang lebih besar