Pengguna Gadget, Sayangi Mata Anda dengan 20-20-20

Saat ini banyak sekali bertaburan teknologi yang membuat orang betah berlama-lama di depan komputer ataupun tablet. Banyak aturan yang harus dipatuhi saat bekerja di depan komputer bila tak ingin mata cepat lelah atau bahkan rusak. Begitu pula saat menggunakan gadget lainnya, seperti smartphone alias telepon pintar maupun komputer tablet. Pengguna gadget harus memperhatikan lama waktu penggunaan tablet untuk kesehatan mata.

Ukuran layar yang lebih kecil dibanding komputer biasa tak membuat smartphone dan komputer tablet lebih aman untuk dipakai secara berlebihan. Benda-benda ini juga harus dibatasi penggunaannya karena jika berlebihan tetap bisa memicu kelelahan pada mata.

"Sama, itu termasuk aktivitas melihat-dekat. Mata dipaksa bekerja lebih keras," kata dr Nina Ratnaningsih, SpM, MSc (CEH), pakar oftalmologi komunitas dari RS Cicendo, Bandung.

Melihat-dekat yang dimaksud dr Nina adalah berbagai aktivitas yang memaksa mata untuk bekerja lebih keras dan membuatnya cepat lelah. Termasuk di antaranya adalah menatap layar monitor, membaca buku terlalu lama, dan bekerja dengan banyak detail.

Dalam kaitannya dengan kemampuan melihat dekat, mata tidak bisa dipaksa untuk terus-terusan bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Secara berkala, mata harus diistirahatkan dengan semboyan 20-20-20. Artinya tiap 20 menit, mata diistirahatkan selama 20 detik untuk melihat objek jauh pada jarak 20 kaki (sekitar 6 meter).

Semboyan yang sama juga berlaku saat sedang menggunakan gadget. Meski layarnya kecil, dampaknya pada kelelahan mata sama besar dengan layar monitor pada komputer. Justru karena layarnya kecil, tulisan-tulisan yang ditampilkannya pun juga lebih kecil dan itu akan semakin membebani mata.