4 Pertanyaan Penting Saat Interview Kerja

Wawancara kerja atau Interview adalah proses pengenalan dan penerimaan antara dua belah pihak, perusahaan dan kandidat. Jadi, alangkah baiknya bila setiap kandidat memanfaatkan wawancara untuk mengetahui lebih jauh perusahaan yang memanggilnya. Berikut adalah beberapa pertanyaan bagus yang dapat Anda ajukan saat diberikan waktu untuk bertanya di wawancara kerja.

1. Menurut Anda, seperti apakah kandidat yang ideal?

Dengan mengajukan pertanyaan ini, pewawancara akan menjawab dengan membayangkan telah menempatkan Anda dalam posisi yang ditawarkan. Jadi, Anda akan mengetahui apa saja yang diinginkan calon pimpinan dari posisi yang mungkin kelak dijalani, dan karakter pekerja apa saja yang disukai.

2. Sejauh mana posisi ini akan membantu Anda?

Pertanyaan ini tidak mengarah pada Anda sebagai calon pekerja, namun pada keingintahuan terhadap perusahaan. Karena itulah, pewawancara akan menghargai pertanyaan ini. Dengan mengajukan pertanyaan sejenis ini, pengaruh peran Anda terhadap divisi dan terhadap perusahaan juga dapat diketahui.

3. Apakah posisi ini dapat bertahan di masa depan?

Tanyakanlah pertanyaan ini agar Anda mengetahui sedikit gambaran tentang rencana jangka panjang perusahaan dan apakah posisi yang ditawarkan tetap relevan dengan rencana mereka di masa depan. Karena, sebuah posisi bisa jadi sangat dibutuhkan di tahun ini namun tidak lagi dibutuhkan dalam beberapa tahun mendatang, dan mengancam keberadaan seorang pekerja di perusahaan.

4. Seperti apa kesuksesan yang bisa dicapai di posisi ini?
Setiap tempat kerja memiliki pengukur kesuksesan yang berbeda, untuk setiap posisi yang berbeda pula. Pertanyaan ini mengarahkan Anda untuk mengetahui pengukur kesuksesan tersebut. Disamping itu, seperti apa budaya di tempat kerja dan bagaimana karakteristik calon pemimpin juga terlihat dalam jawaban dari pertanyaan ini.